Tafsir Al Fatihah

 SURAT AL FATIHAH

(PEMBUKAAN)

Makiyyah, 7 Ayat

Surat ini dinamakan Al Fatihah yakni fatihatul kitab hanya secara tulisan: karena dengan surat ini bacaan shalat dimulai. Para ulama menyebut namanya “Ummul kitab” jumhur ulama menyepakati, sesuai dengan pendapat Anas, Al Hasan, dan Ibnu Sirin.  Rasulullah ada bersabda: Alhamdulillahi rabbil ‘alamin adalah ummul qur’an, ummul kitab, sab’ul matsani, dan al qur’anul azhim” (hadis riwayat Turmidzi, shahih).

Surat Al Fatihah disebut juga Al Hamdu dan disebut juga As Shalah berdasarkan hadis Qudsi: “Aku bagikan shalat antara aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian. Apabila seorang hamba mengucapkan Al hamdulillahi rabbil ‘alamin, maka Allah berfirman: Hamba-Ku telah memuji-Ku.

Disebut As Shalah karena merupakan rukun dalam shalat, berdasarkan hadis Bukhari Muslim: “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Al Fatihah”. Terkadang disebut juga As Shifa’ berdasarkan hadis nabi riwayat Ad Darimi dari Abu Sa’id Al Khudri secara marfu’ yaitu:

“Fatihatul kitab merupakan obat panawar bagi segala jenis racun”.

Terkadang disebut Asasul Qur’an (pondasi al qur’an). Hal ini menurut pendapat Abdullah bin Abbas Ra, beliau juga menambahkan pondasi Al Fatihah itu sendiri terletak pada Bismillahir Rahmanir Rahim.

Terkadang Al Fatihah disebut Ruqyah berdasarkan hadis Abu Sa’id Al Khudri yang shahih ketika mengobati kepala suku Arab yang tersengat kalajengking dengan surat Al Fatihah. Kemudian nabi setelah mengetahui hal tersebut bertanya kepada beliau:

“Siapakah yang memberitahu kamu surat Al Fatihah itu ruqyah?”.

Sofyan bin Uyaynah menyebutnya sebagai Al Waqiyah dan Yahya ibnu Katsir menamakannya Al Kafiyah yang artinya mencukupi tanpa selain daripadanya. Artinya Al Fatihah mencukupi tanpa ada surat lainnya, tetapi surat lainnya tidak dapat mencukupi tanpa Al Fatihah. Hal ini berdasarkan hadis:

Ummul qur’an merupakan pengganti dari yang lainnya, sedangkan yang lainnya tidak dapat dijadikan pengganti dari Al Fatihah itu”.

Ulama berbeda pendapat tentang turunnya Al Fatihah. Ada yang mengatakan surat ini Makiyyah dan ada yang mengatakan surat ini surat Madaniyyah. Namun ada juga yang mengatakan surat ini dua kali turun. Wallahu A’lam. Namun, Allah ada berfirman dalam surat Al Hijr ayat 87:

 “Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada mu tujuh ayat yang diulang-ulang dan qur’an yang agung”

Para ulama mengatakan Al Fatihah terdiri dari 25 kalimat dan 113 huruf.

Share this post