Konsumsi Halal

Permintaan masyarakat akan produk halal mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan survey independen oleh LPPOM MUI, minat masyarakat mencapai angka 70 % pada tahun 2009, dan pada tahun 2010 meningkat menjadi 92,2%, dan terus mengalami peningkatan sampai sekarang ini.

Sayangnya, animo perusahaan untuk membuat Sertifikat Halal masih sangat rendah. Pada tahun 2012 saja baru 97.903 perusahaan dari seluruh Indonesia. Malangnya, pedagang bakso, misalnya, baru 106 pedagang bakso yang memiliki sertifikat halal dari 50.000 pedagang bakso yang terdaftar di Indonesia.

Kesadaran yang rendah dari masyarakat semakin diperparah dengan lemahnya pengawasan penegak hukum tentang makanan halal di lapangan. Sebagai contoh kasus bakso oplosan babi yang baru-baru ini terjadi.

Untuk itu, sangat mendesak segera disahkannya Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) oleh DPR-RI. Dan hendaknya sertifikat halal bagi pengusaha makanan, minuman dan kosmetika, serta obat-obatan harus diberlakukan secara mandatori (wajib) bukan sekedar sukarela.

Dikutip dari acara Tasyakur 24 tahun LPPOM MUI 8 Januari 2013

Share this post